Follow Us

Pelanggan Listrik Prabayar Tak Perlu Repot Lagi, Ini Cara Mudah Beli Token Listrik via LinkAja, DANA dan OVO

Lina Sofia - Rabu, 08 Februari 2023 | 11:02
 
Beli token listrik via LinkAja, DANA, dan OVO
Tribunnews

Beli token listrik via LinkAja, DANA, dan OVO

GridPop.ID - Pelanggan prabayar listrik kini mudah untuk belitoken listriklewat LinkAja, DANA, dan OVO.

Kini tak perlu khawatir kehabisan token listrik, ini cara mudahbeli token listrikcukup lewat smartphonemu.

Tak perlu antri, anda bisa beli token listrik via LinkAja, DANA, dan OVO dimana pun dan kapan pun.

Berikut beberapa cara beli token listrik dengan cepat dan mudah dilansir artikel Tribun Sumsel

1. LinkAja

  • Buka aplikasi LinkAja
  • Di halaman utama pilih menu Listrik, lalu pilih Token Listrik
  • Pilih denom yang diinginkan Masukkan ID Pelanggan,
  • Kemudian klik Lanjut Tinjau dan konfirmasi transaksi
  • Kemudian klik konfirmasi Transaksi
  • Pembelian token listrik telah selesai.
  • Setelah itu, Anda dapat masuk ke menu Riwayat, kemudian klik transaksi yang telah dilakukan untuk mendapatkan kode token listrik.
  • Anda dapat memasukkan kode token listrik tersebut ke meteran listrik
2. Dana

  • Downloand aplikasi Dana
  • Log in dengan data yang diperlukan
  • Buka menu dana dan pilih listrik
  • Klik pascabayar
  • Masukkan nomor ID pelanggan
  • Pilih nominal yang akan diisi
  • Klik bayar dan pastikan saldo dana anda cukup
  • Transaksi selesai dan klik detail pembayaran disitu akan muncul nomer token untuk dimasukkan ke meteran.
3. OVO

  • Log in dengan data yang diperlukan
  • Buka menu dana dan pilih listrik
  • Klik pascabayar
  • Masukkan nomor ID pelanggan
  • Pilih nominal yang akan diisi
  • Klik bayar dan pastikan saldo dana anda cukup
  • Transaksi selesai dan klik detail pembayaran disitu akan muncul nomer token untuk dimasukkan ke meteran
Baca Juga: Gak Pakai Lama, Begini Cara Mudah dan Cepat Isi Ulang Token Listrik Lewat LinkAja, DANA dan OVO

Sebagai informasi tambahan dilansir artikelKompas.combegini cara mengatasi gagal isi token listrik

Disadur dari laman LinkAja, terdapat beberapa cara bagi pelanggan saat mengalami kegagalan pengisian token listrik sebagai berikut:

1. Cek ulang nomor token

Salah input nomor token menjadi kesalahan umum yang sering terjadi. Kesalahan memasukkan nomor token listrik ini mengakibatkan kegagalan isi ulang.

Anda wajib memasukkan dengan benar dua puluh digit nomer token untuk menghindari kegagalan isi atau bahkan risiko MPB (Meter Prabayar) terblokir karena salah input kode token tiga kali berturut-turut.

2. Periksa limit kWh

Pada saat pemasangan MPB, PLN telah mengatur batas maksimal kWh per bulannya. Apabila MPB telah mencapai batas maksimum yang sudah ditentukan, input token listrik pasti akan mengalami kegagalan.

Untuk itu, pelanggan perlu mengetahui limit kWh kepada petugas PLN agar hal ini bisa dihindari.

3. Cek jaringan server PLN

Kondisi jaringan server PLN yang mengalami gangguan juga dapat menyebabkan gagalnya pengisian token listrik. Gangguan ini bisa disebabkan koneksi yang tidak stabil atau tengah dilakukan pemeliharaan sistem oleh PLN.

Saat terjadi gangguan, pelanggan hanya bisa menunggu sampai jaringan server PLN pulih dan bisa digunakan.

Sehingga, sebelum melakukan pengisian token listrik, terlebih dahulu pastikan jaringan server PLN dalam kondisi normal dan tidak ada gangguan.

Biasanya, jika server mengalami gangguan atau terjadi pemeliharaan sistem, PLN akan memberikan pemberiahuan terlebih dahulu.

Baca Juga: Beli Token Listrik Pakai LinkAja Terus-terusan Gagal? Cek Penyebab hingga Solusinya Berikut Ini

4. Kondisi instalasi listrik

Anda perlu memperhatikan kondisi instalasi listrik saat ingin mengisi token listrik. Instalasi yang kurang baik atau terjadi gangguan dapat membuat gagal isi ulang token.

Jangan memaksakan memasukkan kode token saat terjadi gangguan instalasi listrik, karena dapat menyebabkan korsleting listrik.

Selain itu, perhatikan kondisi MPB dalam kondisi baik. Jika muncul tulisan “Blocked” atau lambang telapak tangan, artinya mesin MPB dalam kondisi rusak dan tidak bisa diisi dengan kode token.

5. Hubungi CS PLN

Apabila dengan cara-cara di atas tetap tidak bisa dilakukan pengisian token listrik, maka segera hubungi customer service (CS) PLN melalui nomor 123.

Selain itu, Anda dapat menghubungi PLN melalui media sosial resmi PLN atau aplikasi PLN Mobile.

Baca Juga: Penyelamat Tercepat saat Mendadak Mati Lampu! Begini Cara Beli Token Listrik Pakai LinkAja dan OVO

GridPop.ID (*)

Source : Kompas.com Tribun Sumsel

Editor : Grid Pop

Baca Lainnya

Latest

Popular

Tag Popular